Bangkitkan Pariwisata, KM & Partners Gelar Bimtek Pengadaan Barang/Jasa di Bali

Dalam rangka bangkitkan kembali pariwisata di Indonesia, KM & Partners gelar bimbingan teknis (bimtek) pengadaan barang/jasa (PBJ) di Kuta, Bali, 21-22 Oktober 2021. Hal itu diungkapkan Pimpinan KM & Partners, Khalid Mustafa, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan yang digelar di ball room Bale Banjar, Hotel Grand Inna Kuta, Kamis (21/10).

Khalid yang juga seorang ahli pengadaan barang/jasa menyampaikan, dampak pandemi covid-19 begitu terasa pada iklim pariwisata di Bali. Tempat-tempat wisata sepi, penghidupan masyarakat setempat menjadi sulit. Semua seperti efek domino karena pada dasarnya Bali sangat bergantung di sektor pariwisata.

“Terakhir saya bersama tim berkunjung ke Bali sekitar bulan Nopember tahun lalu, Bali layaknya sedang Nyepi. Jangankan tempat wisata, jalan raya saja lebih ramai oleh anjing yang lalu lalang daripada manusianya,” kenang pria pemilik Firma KM & Partners yang banyak berkecimpung di dunia pengadaan barang/jasa tersebut.

Berdasarkan pantauan tamanpagi, kondisi lokasi wisata di daerah Pantai Kuta dan sekitarnya memang mulai ramai dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan nusantara. Beberapa hotel dan tempat hiburan sudah beroperasi kembali, setelah sekian lama tutup akibat minimnya kunjungan wisata selama masa pandemi.

“Setelah Bali, KM & Partners bulan depan (Nopember) akan kembali menggelar bimtek pengadaan barang/jasa di Labuan Bajo, salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia,” ungkap Khalid. “Ini salah satu bentuk kepedulian kami bagi pemulihan ekonomi nasional, terutama di sektor pariwisata”.

KM & Partners bimtek pengadaan barang/jasa bangkitkan pariwisata Bali

Sementara, Koordinator Pelaksana dari KM & Partners, Andre S. Muchammad menjelaskan, bimbingan teknis pengadaan barang/jasa yang mereka selenggarakan diikuti lebih dari 130 orang peserta. Terbagi dalam 3 (tiga) kelas yaitu Penyusunan Perencanaan dan Persiapan Pengadaan Tahun Anggaran 2022 untuk APBD, diisi oleh trainer Hilman Rosada, SAP., MAP., dan Samsul Ramli, S.Sos., SCM. Cert. (ITC).

Kemudian kelas Sinkronisasi Model Dokumen Pengadaan (MDP) Jasa Konstruksi dan Tata Cara Evaluasi Penawaran Jasa Konstruksi oleh I Made Heriyana, S.H., CCMs., dan Juni Irawati, S.Kom., M.H., CCMs. Serta kelas Pengadaan dan Penunjukan Langsung dengan trainer I Made Sudarsana, S.E., dan Rahfan Mokoginta, SKM., M.S.A.

Pada kegiatan bimtek diikuti oleh peserta yang datang dari seluruh Indonesia, “ada dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua”, terang Andre.

Bangkitkan Pariwisata KM Partners 01
KM & Partners bangkitkan pariwisata Bali

Fauzan Maududdin

Macro and Documentary Photographer, Author, Procurement Consultant

http://tamanpagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =