Bilik Ilmu Kembali Gelar Kegiatan Bagi Anak-Anak

Komunitas Bilik Ilmu kembali gelar kegiatan bagi anak-anak sebagai perwujudan dari kepedulian atas minimnya aktivitas positif anak di tengah situasi pandemi covid-19. Kegiatan berbentuk permainan gembira atau games tersebut dikelola oleh dua orang inisiator Bilik Ilmu, Deasy Arsyad dan Heppy Natalia, Sabtu (10/7) lalu.

Menurut Deasy, setelah sekian lama vakum, Komunitas Bilik Ilmu berinisiatif memberikan kegiatan yang melibatkan anak-anak agar kebugaran dan kreativitas mereka tetap terjaga di tengah kejenuhan yang melanda. “Awalnya untuk anak-anak kami saja, terkait tingkat kepercayaan menjaga prokes (protokol kesehatan),” ujarnya.

Anak yang jenuh dan cenderung minim aktivitas di rumah membuat orang tua khawatir. Sementara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah masih belum direkomendasikan oleh pemerintah setempat. “Anak keseringan main game dan pegang HP, itu jelas tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kejiwaan mereka”, tutur Deasy.

Kegiatan Bilik Ilmu berupa games atau permainan gembira dilaksanakan di Lapangan dr.Murjani Kota Banjarbaru (10/7), diikuti oleh 8 orang anak yang telah dikonfirmasi kedekatan keluarganya agar dapat saling meyakinkan bahwa masing-masing menjaga dan menjalankan prokes. “Sebelum bermain sambil berolahraga, anak-anak juga telah disiapkan hand sanitizer dan tetap memakai masker sesaat setelah selesai bermain”, jelas Deasy.

Olahraga dan games disesuaikan untuk usia anak yang rata-rata masih duduk di sekolah dasar. Selama kegiatan yang digelar sejak pukul 06.30 hingga pukul 08.30 pagi, orang tua masing-masing anak juga turut memantau dan tampak antusiasi melihat tingkah polah anak mereka.

“Ada orang tua menuturkan bahwa anaknya otomatis cuma diam di rumah sejak pandemi terjadi dalam setahun ini, tidak ada aktivitas olahraga atau gerak kreatif lainnya. Alhamdulillah setelah pulang dari bermain games tadi, anaknya langsung tidur pulas di rumah,” ungkap Deasy.

Untuk selanjutnya kegiatan olahraga dan bermain games ini akan diselenggarakan setiap hari Sabtu pagi, selama pertemuan tatap muka di sekolah masih belum dilaksanakan. “Nanti jika sudah mulai masuk sekolah, mungkin jadwalnya kami geser ke hari minggu,” kata Deasy, “Jika ada yang mau bergabung, kami akan melakukan screening dulu untuk mengantisipasi agar protokol kesehatan benar-benar menjadi perhatian kita semua”.

Komunitas Bilik Ilmu, yang juga menjadi wadah kelola tamanpagi.com, secara rutin melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti mengajar dan berbagi ilmu secara sukarela ke sekolah-sekolah, menggelar acara story telling atau mendongeng serta bermain kreatif dan turut melakukan bakti sosial saat terjadi bencana.

Komunitas Bilik Ilmu
Komunitas Bilik Ilmu bermain games dan olahraga bersama anak-anak di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru
Fauzan Maududdin

Macro and Documentary Photographer, Author, Procurement Consultant

http://tamanpagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − twelve =