Macrolovers Kalsel Gelar Acara Hunting Bareng

Macrolovers Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara hunting bareng di Balitra Kota Banjarbaru, Minggu (30/5). Macrolovers atau pecinta fotografi macro yang berasal beberapa komunitas antara lain S’Makers Banjarmasin, Aura Borneo, GM3 Macro dan Macroworldmania, berkumpul untuk memotret subyek foto macro dan foto makanan, sembari bersilaturahmi serta halal bi halal seiring lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ketua panitia acara hunting bareng (hunbar), Sony Idial, menjelaskan bahwa selain silaturahmi dan memotret bareng, acara ini bertujuan agar fotografer macro di Kalimantan Selatan bisa saling berbagi ilmu fotografi dan meraih kesuksesan dalam event-event lomba di tingkat di nasional dan internasional. “Dan yang paling penting jangan lupa meraih kebahagiaan bersama,” ujarnya.

Terkait rangkaian acara, Sony menerangkan bahwa pada hunbar kali ini panitia juga menggelar lomba foto on the spot yang terdiri dari tiga kategori yakni foto macro natural dan stage, foto macro mini figure, serta foto food (makanan). Setiap peserta yang hadir boleh turut serta dalam lomba dengan menyertakan masing-masing dua buah foto untuk setiap kategorinya.

Peserta lomba foto macro stage sedang melakukan persiapan setting subyek foto

Macrolovers Kalimantan Selatan yang datang dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Laut dan kota-kota lainnya ini terlihat sangat antusias mengikuti setiap kategori lomba. Ada yang menggunakan kamera DSLR, Mirrorless dan bahkan Smartphone yang diberi tambahan Lensbong alias lensa bongkaran. Sepanjang pagi hingga siang hari, masing-masing peserta berupaya mendapatkan foto terbaik dari setiap momen dan subyek foto yang ada.

Selanjutnya, Endang Seciorina, fotografer wanita yang mewakili komunitas S’Makers Banjarmasin menceritakan, komunitas mereka merupakan kumpulan para fotografer pecinta fotografi macro di Banjarmasin yang menggunakan smartphone sebagai media rekamnya. Pertama kali terbentuk beberapa tahun lalu saat menggelar pameran foto di Siring Sungai Martapura. Hingga sekarang masih terus menggelar kegiatan hunting bareng secara rutin. “SMakers Banjarmasin adalah komunitas macrophone pertama di Banjarmasin,” tuturnya.

Acara hunting bareng sekaligus silaturahmi macrolovers berlangsung hingga menjelang sore hari, diikuti oleh kurang lebih 40 orang peserta. Sedangkan juri lomba terdiri dari tiga orang fotografer macro senior di Kalimantan Selatan. Setiap kategori lomba dipilih 5 foto terbaik berhak mendapatkan hadiah-hadiah menarik dari para sponsor pendukung acara.

Macrolovers Kalimantan Selatan saat hunting bareng di Balitra Banjarbaru, Minggu.
Fauzan Maududdin

Macro and Documentary Photographer, Author, Procurement Consultant

http://tamanpagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − one =