Warga Masih Antusias Pemungutan Suara Ulang

Warga masih antusias mengikuti pemilihan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur Kalimantan Selatan yang berlangsung Rabu (9/6) pagi. Antusiasme warga tersebut terlihat di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Cindai Alus dan Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Sejak pukul tujuh pagi, petugas TPS telah memulai aktivitas dengan mempersiapkan segala kelengkapan pemilihan gubernur seperti surat suara, kotak suara, lembar berita acara, tinta, serta kelengkapan protokol kesehatan antara lain sarung tangan plastik dan hand sanitizer. Para petugas kemudian membaca sumpah lalu berdoa bersama. Tamanpagi.com juga memantau di setiap TPS dihadiri oleh saksi dari kedua kubu peserta pilgub, panitia pengawas (panwas) kecamatan serta pengamanan dari kepolisian.

Tempat pemungutan suara (TPS) yang terpantau sepanjang pagi ini terdapat di Kelurahan Cindai Alus dan Kelurahan Sungai Sipai, Kecamatan Martapura. TPS 11 Cindai Alus dengan pemilih terdaftar sebanyak 314 orang. TPS 13 Cindai Alus 123 orang, TPS 02 Cindai Alus 395 orang. Sementara di TPS 16 Sungai Sipai 463 orang dan TPS 21 Sungai Sipai dengan jumlah pemilih terdaftar sebanyak 226 orang.

Pemilihan suara ulang pilgub Kalsel merupakan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan Pasangan Prof. H. Denny Indrayana – H. Difriyadi Derajat. Dari keputusan MK, PSU dilakukan di tiga kabupaten/kota yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin dengan total 827 TPS, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Petugas KPPS sedang melakukan doa bersama sebelum memulai pelaksanaan pemungutan suara ulang di TPS 11 Cindai Alus, Martapura.

Di Kota Banjarmasin pemungutan suara ulang dilaksanakan di seluruh TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Sedangkan di Kabupaten Banjar, pelaksanaan pemungutan suara ulang berlangsung di seluruh TPS di lima kecamatan yaitu Kecamatan Martapura, Kecamatan Astambul, Kecamatan Matraman, Kecamatan Aluh-Aluh dan Kecamatan Sambung Makmur. Sisanya ada di 24 TPS di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin.

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang mengikuti pemilihan kepala daerah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 adalah pasangan nomor urut 1 H. Sahbirin Noor – H. Muhidin dan pasangan nomor urut 2 Prof. H. Denny Indrayana – H. Difriadi Derajat.

Fauzan Maududdin

Macro and Documentary Photographer, Author, Procurement Consultant

http://tamanpagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 19 =