Wawali Banjarbaru Dorong Sinergi Untuk UMKM

Wakil Walikota (Wawali) Banjarbaru, Wartono, S.E., mendorong sinergitas semua pihak dari semua sektor untuk menumbuhkembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah. Keterlibatan semua unsur terkait sangat diperlukan karena UMKM masih memerlukan bimbingan dalam berbagai hal. Pernyataan tersebut disampaikan Wawali Banjarbaru saat memberikan sambutan sekaligus membuka gelaran Ajang UMKM 2021 yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel Novotel Banjarmasin Airport, Selasa (8/6) siang.

“UMKM masih memerlukan bimbingan dalam hal standar pengembangan produk, dukungan akses permodalan, analisa pasar, pemanfaatan teknologi serta pemasaran dan promosi,” ujar Wartono, seraya mengharapkan UMKM daerah khususnya di Kalimantan Selatan tidak hanya menguasai pasar lokal, namun juga pasar nasional. “Bahkan jika memungkinkan juga di pasar internasional,” lanjutnya.

Sementara, Ketua DPD GKN Provinsi Kalimantan Selatan, Isna Alib, selaku penyelenggara kegiatan mengungkapkan penghargaan dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pameran Ajang UMKM 2021. “Kami ini ibarat bayi yang baru lahir, biasanya masih merangkak pelan. Tapi sekarang kami juga harus siap berlari agar mampu bersaing dengan yang lain,” kata Isna menceritakan sejarah terbentuknya DPD GKN Kalsel di tahun 2019.

Ketua DPD GKN Kalsel, Isna Alib, memasangkan Laung sebagai ungkapan terimakasih kepada Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono, S.E.

Pada kesempatan itu, Isna Alib juga menjelaskan bahwa Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) di Provinsi Kalimantan Selatan telah tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di bumi lambung mangkurat ini. “Pada Ajang UMKM 2021 ini, semua DPC GKN dari setiap kabupaten/kota memamerkan produk-produk unggulan dari UMKM binaan mereka”.

Isna Alib tak lupa menghimbau semua pihak agar selalu membeli produk UMKM, “Ayo beli produk UMKM demi memajukan perekonomian nasional, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Acara Pembukaan Ajang UMKM 2021 yang akan diselenggarakan dari tanggal 8 Juni hingga 31 Juli 2021 tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan, H. Mahyuni, S.Pd., M.T., General Manager Hotel Novotel Banjarmasin Airport, Wenny Tendean, dan pejabat-pejabat dari kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Deasy Arsyad

Event Planner, MC, Food Photographer

https://tamanpagi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 17 =